CC 201 Divre IV TNK

Banyak sekali masyarakat umum terutama Railfans (pecinta kereta api) menganggap bahwa Divre IV TNK tempatnya lokomotif pabrikan EMD misalnya CC 202 dan CC 205. Padahal ternyata Divre IV memiliki 4 Lok pabrikan GE yaitu CC 203 dan CC 201 masing-masing 4 Lok. Tapi dalam postingan ini mas suhanda akan membahas lokomotif GE dengan model GE U18C, yaitu CC 201. Sekarang ini Dipo TNK memiliki 4 Lok CC 201, dengan nomor CC 201 83 48R (120R), CC 201 83 51R (132R), CC 201 83 55R (136R) dan CC 201 83 56 (137R). Ok, mari kita bahas satu per satu.

1. CC 201 120R 

CC 201 120R bersilang dengan KA Babaranjang

Banyak yang belum tau tentang cerita lokomotif ini dan banyak yang menganggap bahwa Lok ini KW-nya nya lokomotif CC 203 dan CC 204, karena dari bentuknya sangat mirip. Lok ini merupakan lokomotif eks BB 203, di kalangan Railfans (pecinta kereta api) lokomotif ini di sebut baung merah, hidung miring dan kepala kucing. Penyebutan ini memang tidak salah karena bentuk kabin nya yang memang unik.
Lokomotif ini biasanya mulai dinas pagi hari untuk pergi ke Dipo gerbong Rejosari untuk melangsir rangkaian gerbong KKBW dan pulang ke Dipo TNK pada sore hari atau terkadang malam hari.
Bagian LH dari CC 201 120R


Dewasa ini CC 201 120R telah memiliki 2 layanan meja masinis, sebelumnya hanya memiliki 1 meja layanan lalu di tambahkan 1 meja layanan lagi di Balai Yasa Lahat karena kena teguran Ditjenka.

2. CC 201 132R

Seruntulan menuju ke Sub Dipo RJS

CC 201 132R Ft ka Seminung

Selanjutnya Si 132R atau CC 201 83 51. Lokomotif ini jika di lihat dari fisik nya, masih terdapat port mu hanya saja lokomotif ini tidak memiliki fog lamp. Lokomotif ini sering sekali dinas KA Seminung versi darurat jika rangkaian krdh sedang trouble. Terkadang lokomotif ini juga dinas ke Dipo gerbong RJS untuk melangsir rangkaian gerbong KKBW

3. CC 201 136R

Saat berhenti di area stasiun Labuan Ratu

Berbeda dari lokomotif CC 201 TNK lainnya, lokomotif ini belum di lengkapi dengan sekop di bagian cowchater nya. Lokomotif ini masih memiliki port mu dan juga tidak mempunyai foglamp. Lokomotif ini jarang sekali Mas Suhanda lihat di lintas. Tetapi terkadang lokomotif ini dinas melangsir rangkaian KA Rajabasa dan KA Limex Sriwijaya di stasiun Tanjung Karang.

4. CC 201 137R 

CC 201 137R gandeng K3 yang telah selesai di bubut

Sama halnya dengan CC 201 120R, lokomotif ini juga memiliki bentuk kabin wide cabin seperti CC 203 dan CC 204. Tetapi karena hasil modifikasi, kaca lokomotif ini terlalu tinggi di bagian depan dan samping , sehingga terkadang masinis memakai ganjalan di tempat duduknya . Lokomotif ini biasanya dinas melangsir rangkaian gerbong KKBW di Dipo gerbong RJS dan juga terkadang dinas KA Seminung versi darurat. Jika sedang tidak dinas, lokomotif ini bisa kita jumpai di Dipo Induk Tanjung Karang, yang berada di sebelah timur stasiun Tanjung Karang.

Ok itu dia lokomotif CC 201 Divre IV TNK, jangan lupa komentar jika ada yang di tanyakan. Salam 

0 Response to "CC 201 Divre IV TNK"

Posting Komentar